Contoh Soal Pendidikan Kewarganegaraan

1. Kemampuan seseorang atau kelompok untuk mempengaruhi tingkah laku orang atau kelompok lain sesuai dengan keingiannya adalah pengertian dari ?

2. Infrastruktur politik adalah wadah masyarakat yang menggambarkan bahwa masyarakat ikut menentukan keputusan politik dalam mewujudkan cita-cita nasional berdasarkan falsafah bangsa, yang tidak termasuk dalam infrastruktur politik adalah ?

3. Geopolitik adalah ilmu yang memperlajari gejala-gejala politik dari aspek geografi. Teori ini banyak dikemukakan oleh para sarjana, yaitu ?

4. Dalam UU No. 32 Tahun 2004, digunakan prinsip otonomi seluas-luasnya, dimana daerah diberi kewenangan mengurus dan mengatur semua urusan pemerintahan kecuali urusan pemerintah pusat, yakni ?

5. Bangsa Indonesia yang berfalsafah dan berideologi Pancasila menganut paham tentang perang dan damai berdasarkan : "Bangsa Indonesia cinta damai, akan tetapi lebih cinta kemerdekaan". Hal ini sering disebut sebagai ?

6. Bagian yang wajar daripada wilayah daratan Indonesia, adalah salah satu ketentuan dari?

7. Globalisasi ditandai oleh kuatnya pengaruh lembaga-lembaga kemasyarakatan internasional, negara-negara maju yang ikut mengatur percaturan politik, ekonomi, sosial budaya, serta pertahanan dan keamanan global. Disamping itu, isu global meliputi ?

8. Buku The Future of Capitalism menyatakan, untuk dapat bertahan dalam era baru kapitalisme harus membuat strategi baru yaitu keseimbangan (balance) antara paham individu dan paham sosialis. Penulisnya adalah ?

9. Paham ini mempunyai nilai-nilai dasar (intrinsik) yaitu kebebasan dan kepentingan pribadi yang menuntut kebebasan individu secara mutlak yaitu kebebasan mengajar kebahagiaan hidup ditengah-tengah kekayaan materill yang melimpah dan dicapai dengan bebas, adalah paham ?

10. Pandangan geopolitik yang juga dikembangkan di Jepang (Hako Ichiu) dilandasi oleh semangat militerisme dan fasisme, adalah ajaran dari ?

11. Batas wilayah geografis suatu negara relatif tetap, namun kekuatan ekonomi dan budaya global akan menembus batas-batas tersebut. Pernyataan tersebut termuat dalam ?

12. Pengukuran terhadap luas wilayah laut Indonesia sejauh 12 mil yang diukur pada waktu air surut dari garis-garis terluar wilayah Indonesia, merupakan ketentuan dari?

13. Dalam Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia yang disahkan oleh DPR pada tahun 1983, wilayah lautan yang dapat dimanfaatkan oleh bangsa Indonesia adalah?

14. Kumpulan manusia yang biasanya terikat karena kesatuan bahasa dan wilayah tertentu dimuka bumi, adalah pengertian dari ?

15. Wilayah rakyat dan pemerintahan merupakan unsur negara yang ?

16. Sikap bangsa Indonesia yang mengutuk agresu Israel ke Palestina, adalah pencerminan dan aplikasi sistem politik luar negeri Indonesia yang ?

17. Demokrasi yang menjadi dasar dari UUD 19455 adalah ?

18. Masyarakat pantai memiliki sifat yang pemberani, dinamik, agresi dan terbuka. Hal ini berbeda dengan masyarakat agraris yang memiliki sifat teratur, kurang terbuka terhadap pengaruh luar. Ini merupakan contoh dari aspek ?

19. Suatu organisasi diantara sekelompok atau beberapa kelompok manusia yang bersama-sama mendiami suatu wilayah tertentu dengan mengakui adanya suatu pemerintahan yang mengurus tata tertib dan keselamatan sekelompok atau beberapa kelompok manusia tadi, adalah pengertian ?

20. Esensi dari Demokrasi adalah ?

21. Distribusi penduduk yang ideal adalah ?

22. Implementasi wawasan nusantaradalam aspek pertahanan dan keamanan akan menumbuhkan kesadaran ?

23. Secara makro sistem perekonomian Indonesia dengan menggunakan terminologi nasional dapat disebut sebagai sistem ekonomi?

24. Pemilu adalah sarana pelaksanaan demokrasi dan merupakan sarana dalam mewujudkan tata kehidupan yang sesuai dengan ?

25. Dalam mewujudkan aspirasi dan perjuangan ada tiga faktor penentu yng harus diperhatikan oleh suatu bangsa, yaitu?

26. Menurut Machiavelli sebuah negara akan bertahan bila menerapkan dalil-dalil, yakni ?

27. Organisasi kenegaraan yang merupakan wadah berbagai kegiatan kenegaraan disebut?

28. Bangsa Indonesia yang sangat heterogen mengandung potensi konflik yang sangat besar karena ?

29. ARCHIPELAGO CONCEPT menurut bangsa kita menyatakan laut sebagai ?

30. Laut wilayah Indonesia pada saat proklamasi berdasarkan pada peraturan ?

31.. Ketahanan nasional dapat efisien dan efektif bila didasarkan pada ?

32. Yang dimaksud dengan negara kepulauan adalah ?

33. Dalam demokrasi ekonomi harus dihindari apa yang dinamakan ciri-ciri negeri, yaitu ??

34. Tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pembelaan negara. Hal ini adalah sehubungan dengan pelaksanaan fungsi Hankamnas yang daoat kita lihat dalam ?

35. Gugusan kepulauan yang terletak diantara dua benua dan dua samudra adalah pengertian dari ?

36. Yang tidak termasuk dalam implementasi wawasan nusantara dalam bidang ekonomi ialah ?

37. Dalam rangka pelaksanaa ideologi ada 2 macam pelaksanaan yaitu obyektif dan subyektif, maksudnya ?

38. Penyelenggara pemerintahan didasarkan atas luasnya wilayah dan asa kewilayahannya, yaitu daerah merupakan daerahnya pusat dan pusat merupakan pusatnya daerah, merupakan prinsip dalam ?

39. Tujuan pengembangan wawasan nusantara bangsa Indonesia memiliki tujuan ke dalam dan ke luar. Tujuan ke dalam artinya ?

40. Yang termasuk dalam tantangan implementasi wawasan nusantara adalah ?

Post a Comment

2 Comments