Community Relations






Komunitas :

Sekelompok orang yang hidup di tempat yang sama, berpemerintahan yang sama, dan mempunyai kebudayaan dan sejarah umumnya turun temurun


Harapan Komunitas terhadap Organisasi

1. Pendapatan
Harapan komunitas gar perusahaan memberikan kontribusi positif terhadapp lingkungan sekitar. Misal: gaji, upah karyawan, pembelian dari pemasok lokal, pembayaran pajak.

2. Partisipasi
Perusahaan diharapkan berpartisipasi dan bertanggungjawab terhadap komunitas. Misal: pemeliharaan kota, aktivitas rekreasii, pendidikan, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, mendukung institusi keagamaan (sarana ibadah), tempat parkir, sarana olahraga.

3. Penampilan
Komunitas mengharapkan agar perusahaan membangun gednug yang enak dipandang, bahkan dapat dijadikan simbol kota.

4. Stabilitas
Adanya peningkatan jumlah tenaga kerja sering menyebabkan ketegangan dalam komunitas. Komunitas lebih mendukung perusahaan yang berkesinambungan dan pertumbuhan stabil di daerahnya.

5. Kebanggaan
Keinginan komunitas agar perusahaan menjadi kebangaan simbol dari wilayah (kota) tersebut. Misal: Armonk, New York dengan IBM; Harsey, Pensylvania dengan coklatnya; Battle Creek, Michigan dengan cerealnya; Kudus dengan rokoknya.



Latar Belakang Sejarah

1. Karakter Masyarakat Setempat
Umumnya perusahaan mengetahui masyarakat sekitar secara umuum. Seringkali terjadi ketidaksesuaian penanganan perusahaan terhadap komunitas sejak pertama kali.

2. Penanganan Pemerintah Setempat
Bantuan pemerintah setempat untuk melakukan conditioning di daerah baru. Yaitu pemantauan agar tujuan kesiapan komunitas tidak berbelok ke arah lain.

3. Ketidaksiapan Perusahaan saat Persiapan
Sering terjadi hal-hal yang tidak diharapkan perushaan dalam membentuk persepsi komunitas. Misal: persiapan protokoler, membidik karyawan baru, mengurus izin.

4. Pengalaman masyarakat atas kegiatan perusahaan lain ketidakserasian perusahaan sejenis dengan komunitas yang diberitakan pers secara besar akan membentuk persepsi masyarakat lain. 



Tujuan Program

1. Memberikan informasi kepada komunitas tentang tentang kebijaksanaan, kegiatan dan masalah  
perusahaan serta untuk menyampaikan apa saja yang dilakukan perusahaan.

2. Memperbaiki kesalahpahaman, menjawab kritikan dan menghilangkan kecurigaan yang mungkin terjadi di antara komunitas lingkungan.

3. Mendapatkan opini yang favourable tentang komunitas, terutama digunakan jika ada gangguan sosial dalam perdagangan.

4. Menginformasikan kepada kaaryawan dan keluarganya tentang aktivitas dan perkembangan perusahaan.

5. Menjaga hubungan yang harmonis dengan pemuka komunitas, dengan mengundang mereka untuk mengunjungi perusahaan dan bertemu manajemen serta melihat karyawan ditempat kerjanya.

6. Mendukung program kesehatan dengan dana atau pelayanan dari karyawan kepada komunitas.

7. Mendukung kegiatan seni budaya dengan menyediakan dana (sponsor) untuk pertunjukkan seni, konser, drama dan menghadiri kegiatan tersebut.

8. Membantu kegiatan pendidikan khususnya anak muda dengan bekerjasama dengan guru, administrasi dan menyediakan bimbingan karir bagi siswa melalui kunjungan wisata ke perusahaan, mendatangkan pembicara, mengadakan pertunjukkan film, alat bantu pengajaran baik keuangan maupun labantuan lain.

9. Membantu ekonomi masyarakat dengan menyediakan kebutuhan dan perlengkapan operasional seandainya memungkinkan.



Media Komunikasi

1. Iklan :
Surat kabar, majalah, tbaloid, radio, televisi.

2. Publisitas :
Buku pedoman, press release tentang perkembangan perusahaan.

3. Open house dan wisata perusahaan : 
Memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mengunjungi perusahaan dipandu karyawan perusahaan melalui ceramah.

4. Pidato umum :
Komunikasi lisan yang dilakukan pimpinan perusahaan di hadapan perkumpulan masyarakat. himpunan profesional, majelis sekolah, organisasi keagamaan.

5. Pertemuan dengan opinion leader :
Guru, pendeta, kyai, pejabat pemerintah, banker, tenaga ahli, anggota perkumpulan.

6. Kunjungan pengusaha ke lembaga komunitas :
Kunjungan ke sekolah-sekolah, pelayanan sosial.

7. Film : 
Pertunjukkan film dan slide tentang aktivitas perusahaan sebagai tambahan pidato pimpinan perusahaan kepada komunitas.

8. Pameran dan peragaan

9. Laporan tahunan : 
Dikirimkan melalui surat kepada pemuka komunitas, redaktur, sekolah.

10. Literatur kelembagaan :
Tentang sejarah dan operasi perusahaan melalui redaktur, penyiar radio, pendidik, sekolah, rumah sakit, pemuka pendapat.



Hubungan Komunitas dengan Internet

Tujuan :
Menghubungkan ornag-orang yang memiliki pikiran sama dalam dunia maya, meskipun anggota komunitas berada pada tempat yang berbeda.

Misal :
Menyediakan forum bantuan bagi mereka yang kurang beruntung.



Efek Sikat Lokasi dengan Perusahaan

Perusahaan kurang merasa perlu berhubungan erat dengan komunitas karena :

1. Di dalam industrial estate terdapat banyak perusahaan yang harus memikul tanggungjawab hubungan.

2. Di sekeliling industrial estate berdiri dinding tinggi dengan petgas keamanan di pintu masuk yang akan menyeleksi tamu atau karyawan yang boleh masuk.

Post a Comment

0 Comments