Model Perencanaan Program PR

1. Model Apresiasi Situasi
Situasi yang perlu dikaji :
  • Permusuhan : kemungkinan sikap permusuhan dari masyarakat terhadap organisasi atau lembaga atau perusahaan dengan produknya
  • Prasangka : kemungkinan menyebarnya prasangka buruk dari khalayak terhadap lembaga
  • Ketidaktahuan : khalayak tidak tahu (belum tahu) tentang keberadaan organisasi
  • Ketidakpedulian : khalayak sudah tahu lembaga tetapi tidak peduli

2. Model Batasan Tujuan
Lembaga mempunyai tujuan jangka pendek, menengah, dimana letak PR dibatasi hanya untuk menunjang pencapaian tujuan tertentu

3. Model Batasan Publik
Disesuaikan dengan lingkup khalayak :
  • Kelompok usia
  • Jenis kelamin
  • Status sosek
  • Profesi/bidang pekerjaan
4. Model Pilihan Media dan Teknik
Biasanya merupakan pelengkap dari model yag lain

5. Model Pertimbangan Biaya dan Anggaran
Kegiatan PR disesuaikan berdasarkan skala prioritas

6. Model Evaluasi Pasar
Dengan mengevaluasi kondisi serta kecenderungan pasar (minat masyarakat, persaingan) dengan kemungkinan :
  • Adanya kejenuhan pasar
  • Adanya persaingan
  • Melihat peluang pasar
Persiapan dalam Perencanaan Program
  • Menentukan program yang ingin dicapai, menyusun skala prioritas
  • Memperkirakan angka waktu pelaksanaan program
  • Memilih staf yang sesuai
  • Menyediakan sarana

Post a Comment

0 Comments