Press Relations : Upaya-upaya untuk mencapai publikasi atau penyiaran yang maksimum atas suatu pesan atau informasi dalam rangka menciptakan pengetahuan dan pemahaman antara khalayak organsasi dengan publik melalui media massa.
Fungsi Press Relations:
- Menciptakan informasi secara maksimal melalui publikasi dan atau penyiaran
- Menciptakan pengertian dan pengetahuan dari sesuatu hal melalui hubungan dengan pers
Hal - hal penting tentang Pers yang harus diketahui PR:
- Kebijakan Editorial : untuk menentukan penampilan surat kabar dan jenisnya (pemilihan subyek yang akan dicetakk dan diterbitkan)
- Profil pembaca : tipe - tipe pembaca (misal: umur, jenis kelamin, pendidikan)
- Frekuensi penerbitan : diterbitkan per hari, per minggu, per bulan, atau yang lain
- Tanggal cetak : deadline media (tanggal dan saat terakhit penyerahan naskah ke redaksi)
- Metode distribusi : melalui toko buku, pos, dikirim langsung, langganan
- Area sirkulasi : pemasaran (misal : regional, nasional, internasional)
- Proses pencetakan : pencetakan media secara biasa, teknik lithografi, offset-litho
Prinsip Hubungan Pers :
- Memahami dan melayani media
- Membangun reputasi sebagai orang yang dapat dipercaya
- Menyediakan salinan yang baik
- Bekerjasama dalam penyediaan materi
- Menyediakan fasilitas verifikasi
- Membangun hubungan personal yang kokoh
- Susunan kalimat siaran berita harus sesuai dengan gaya digunakan jurnalis
- Siaran berita harus dibuat dalam gaya tulisan yang singkat dan padat
- Bobot, karakter, dan isi siaran berita harus sesuai dengan reputasi dan karakter media yang hendak memuatnya
- Hendaknya siaran berita dikirimkan ke beberapa jurnal atau media yang paling sesuai
- Press Conference (Konferensi Pers) : usaha mengumpulkan wartawan untuk menerima berita atau informasi tertentu dari organisasi. Merupakan pemberitahuan singkat oleh lembaga khususnya perkembangan penting atau kebijakan penting dari lembaga
- Press Reception (Pertemuan Pers) pertemuan wartawan untuk suatu informasi (mendengarkan keterangan resmi, sekedar bercakap - cakap) dalam suasana lebih santai untuk mendekatkan hubungan wartawan dengan organisasi
- Press Tour (kunjungan wartawan) : wartawan diundang untuk mengunjungi lembaga atau daerah tertentu
- Press Luncheon (jamuan makan) : jamuan makan yang diadakan PR untuk wartawan media massa
- Wawancara Pers : PR atau top manajemen diwawancarai wartawan yang bersangkutan
- Pertemuan berkala antara Pers dan PR
- Lobby berkala
- Press Tour bagi pers untuk mengenal dan mengentahui organisasi
- Akses yang mudah untuk pers dan pejabat eksekutif
- Pedelegasian wewenang bagi PR jika pejabat lain tidak berada di tempat
- Apresiasi pejabat PR pada mekanisme kerja pers menurut kecepatan dan ketepatan dalam menyajikan informasi
- Pers harus menghormati prinsip off the record
0 Comments