Hubungan dengan Pers


Press Relations : Upaya-upaya untuk mencapai publikasi atau penyiaran yang maksimum atas suatu pesan atau informasi dalam rangka menciptakan pengetahuan dan pemahaman antara khalayak organsasi dengan publik melalui media massa.

Fungsi Press Relations:

  1. Menciptakan informasi secara maksimal melalui publikasi dan atau penyiaran
  2. Menciptakan pengertian dan pengetahuan dari sesuatu hal melalui hubungan dengan pers

Hal - hal penting tentang Pers yang harus diketahui PR:

  1. Kebijakan Editorial : untuk menentukan penampilan surat kabar dan jenisnya (pemilihan subyek yang akan dicetakk dan diterbitkan)
  2. Profil pembaca : tipe - tipe pembaca (misal: umur, jenis kelamin, pendidikan)
  3. Frekuensi penerbitan : diterbitkan per hari, per minggu, per bulan, atau yang lain
  4. Tanggal cetak : deadline media (tanggal dan saat terakhit penyerahan naskah ke redaksi)
  5. Metode distribusi : melalui toko buku, pos, dikirim langsung, langganan
  6. Area sirkulasi : pemasaran (misal : regional, nasional, internasional)
  7. Proses pencetakan : pencetakan media secara biasa, teknik lithografi, offset-litho

Prinsip Hubungan Pers :

  • Memahami dan melayani media
  • Membangun reputasi sebagai orang yang dapat dipercaya
  • Menyediakan salinan yang baik
  • Bekerjasama dalam penyediaan materi
  • Menyediakan fasilitas verifikasi
  • Membangun hubungan personal yang kokoh
Hal - hal yang perlu diperhatikan dalam kelayakan "Berita" :
  • Susunan kalimat siaran berita harus sesuai dengan gaya digunakan jurnalis
  • Siaran berita harus dibuat dalam gaya tulisan yang singkat dan padat
  • Bobot, karakter, dan isi siaran berita harus sesuai dengan reputasi dan karakter media yang hendak memuatnya
  • Hendaknya siaran berita dikirimkan ke beberapa jurnal atau media yang paling sesuai
Jenis - jenis kegiatan Pers:
  • Press Conference (Konferensi Pers) : usaha mengumpulkan wartawan untuk menerima berita atau informasi tertentu dari organisasi. Merupakan pemberitahuan singkat oleh lembaga khususnya perkembangan penting atau kebijakan penting dari lembaga
  • Press Reception (Pertemuan Pers) pertemuan wartawan untuk suatu informasi (mendengarkan keterangan resmi, sekedar bercakap - cakap) dalam suasana lebih santai untuk mendekatkan hubungan wartawan dengan organisasi
  • Press Tour (kunjungan wartawan) : wartawan diundang untuk mengunjungi lembaga atau daerah tertentu
  • Press Luncheon (jamuan makan) : jamuan makan yang diadakan PR untuk wartawan media massa
  • Wawancara Pers : PR atau top manajemen diwawancarai wartawan yang bersangkutan
Upaya peningkatan hubungan dengan pers (Depari) :
  • Pertemuan berkala antara Pers dan PR
  • Lobby berkala
  • Press Tour bagi pers untuk mengenal dan mengentahui organisasi
  • Akses yang mudah untuk pers dan pejabat eksekutif
  • Pedelegasian wewenang bagi PR jika pejabat lain tidak berada di tempat
  • Apresiasi pejabat PR pada mekanisme kerja pers menurut kecepatan dan ketepatan dalam menyajikan informasi
  • Pers harus menghormati prinsip off the record 


Post a Comment

0 Comments