LOTUS
MACRO
MACRO
:
- Sekumpulan
instruksi yang dibuat berdasarkan urutan penekanan tombol yang dimasukkan ke
dalam suatu worksheet sebagai entri sel
- Rangkaian
perintah / program yang secara otomatis akan dilaksanakan oleh Lotus 123
- Membantu
mengerjakan tugas secara otomatis dalam pemakaian worksheet dari Lotus 123
MEMBUAT
DAN MENULIS MACRO
¨ Harus
diawali dengan awalan label ' (petik satu)
¨ Kadang-kadang
diakhiri dengan tanda ~ (tilde)
¨ Pilih
tempat pada worksheet yang bebas dari tabel yang lain (yang tidak tampak
dilayar)
¨ Sediakan 3
kolom :
-
Kolom I :
Nama macro
-
Kolom II : Program macro
-
Kolom III :
Penjelasan / keterangan
NAMA
MACRO
F Terdiri
dari 2 karakter :
- Karakter
I : " \ " (backslash)
- Karakter
II : Huruf, abjad, angka
F Lebih dari
2 karakter, max. 15 karakter
PERINTAH-PERINTAH
MACRO
< { ? }
Menghentikan
sementara pelaksanaan Macro
< { BRANCH }
Bentuk : { BRANCH alamat /
nama sel }
-
Perintah { BRANCH } mengendalikan pelaksanaan
Macro untuk mencabang ke suatu perintah di alamat tertentu
-
Perintah { GOTO } membawa petunjuk ke suatu
alamat
< { IF }
Berfungsi
untuk melakukan test suatu syarat pada Macro
< { QUIT }
Perintah
untuk menghentikan pelaksanaan Macro
< { GETLABEL
}
Memasukkan
data ke suatu sel (data label)
< {
GETNUMBER }
Memasukkan
data ke suatu sel (data numerik)
< { LET }
Berfungsi
untuk memasukkan data langsung ke suatu sel
Bentuk : { LET lokasi /
data } ~
< { FOR }
Sebagai
pengulangan suatu bagian Macro sebanyak yang diinginkan
Bentuk : { FOR alamat
pencacah, angka awal, angka akhir, selang, alamat perintah }
< { BEEP }
Mengeluarkan
bunyi bel
Bentuk : { BEEP angka }
< { BLANK }
Menghapus
isi dari sel / range yang ditemukan sebelumnya
Bentuk : { BLANK lokasi }
< { WAIT }
Menghentikan
pelaksanaan program Macro selama waktu yang diinginkan
Bentuk : { WAIT
angka_penghitung }
< {
MENUBRANCH }
Untuk
membuat pilihan / menu yang tampil pada panel kontrol dan memindahkan alur
program pada suatu rutin sesuai pilihan user
Bentuk : { MENUBRANCH
lokasi }
< {
MENUCALL}
Untuk
membuat pilihan / menu yang tampil pada panel kontrol dan bercabang pada suatu
subrutin yang dipanggil
Bentuk : { MENUCALL lokasi
}
< { RETURN}
ü Mengembalikan
alur program pada bagian setelah perintah dipanggil
ü Mengakhiri
suatu subrutin
Bentuk : { RETURN }
< { INDICATE
<STRING> }
Merubah
indicator di sudut kanan atas
< { PANELOFF
} >< { PANELON }
Meniadakan
penggambaran ulang dari panel kontrol selama eksekusi macro
< {
WINDOWSOFF } >< { WINDOWSON }
Menghilangkan
penggambaran ulang di layar selama eksekusi macro
< { BREAKOFF
} >< { BREAKON }
Menyebabkan
proses tidak dapat dihentikan selama eksekusi macro
< { GET
LOKASI }
Memasukkan
satu karakter tunggal dari keyboard dan meletakkannya pada lokasi yang
ditunjukkan
< { LOOK
LOKASI }
Dipakai
untuk memeriksa apakah suatu lokasi sudah pernah dimasukkan data atau tidak
Tags : Knowlegde, Komputer
Tags : Knowlegde, Komputer
0 Comments