Saat ini komputer tidak saja digunakan pada bidang-bidang pekerjaaan dan penelitaian saja. Namun banyak yang digunakan untuk bidang entertainment dan permainan (games).
Bidang entertainment misalnya untuk pembuatan animasi, periklanan, settting, bahkan untuk bermain musik. Di bidang Permainan komputer bisa digunakan untuk permainan (games) tiga dimensi (3D) dilengkapi dengan audiovisual yang menarik dan memberikan special efect. Bahkan kita dapat bermain dengan teman dalam satu komputer. Atau kita bermain dengan lawan dari komputer itu sendiri, misalnya bermain catur dan kartu.
Pemanfaat Komputer pada Game Salah satu contoh pemanfaatan komputer dibidang hiburan “Game” adalah game DEFENSE OF THE ANCIENTS ( DOTA ).
Permainan ini dikembangkan dengan menggunakan World Editor dari permainan Warcraft III, Reign of chaos dan diubah dengan dirilisnya The Frozen Throne. Pemanfaatan komputer/TIK pada dunia
hiburan media internet .
Banyak sekali manfaat yang dapat kita ambil di era globalisasi ini dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang begitu pesat, selama kita menggunakan dan memafaatkan perkembangan ini dengan hal-hal yang positif. Akan lain ceritanya, apabila kita menggunakan perkembangan ini dengan sisi negatif.
Multimedia banyak digunakan dalam industri hiburan, khususnya untuk memberikan efek khusus suara dan gambar dalam film dan animasi. Multimedia juga dimanfaatkan pada aplikasi dan game. Pengguna diberikan fasilitas untuk mengkontrol gerak animasi dalam game. Di kehidupan sehari-hari multimedia dimanfaatkan dengan penggunaan DVD player dan MP3/MP4 player yang dapat menyuguhkan hiburan film, musik dan karaoke. Selaim itu berita-berita yang dimuat di televisi dan internet bukan hanya berupa teks namun berisi gambar, video atau bahkan animasi dari sebuah simulasi kejadian.
Selain itu, multimedia ini berisi banyak digunakan dalam industri hiburan, khususnya untuk mengembangkan efek khusus dalam film dan animasi. Permainan populer dalam multimedia sebagaimana permainan dan program perangkat lunak yang telah tersedia baik terdistribusi dalam CD-ROM atau online. Beberapa video games mengajak pengguna untuk berpartisipasi aktif, bukan hanya duduk sebagai penerima pasif informasi.
Dampak Multimedia dalam bidang hiburan
A. Dampak Positif
1. Multimedia membuat edukasi menjadi lebih menarik(edutainment)
2. Multimedia sebagai pendukung kegiatan entertainment seperti: animasi dan laser show yang terintegrasi pada konser musik
3. Pendukung pembuatan Film dengan efek ksusus suara, animasi dan lain lain.
4. Mengisi waktu Luang
5. Menarik minat kalangan anak, remaja, maupun dewasa
B. Dampak Negatif
1. Multimedia dalam bentuk gambar atau video banyak gambar atau film yang mengandung pornografi dan kekerasan yang bisa mengakibatkan dorongan kepada seseorang untuk bertindak kriminal.
2. Kecanduan (bagi pengguna games)
3. Penurunan prestasi belajar, kehilangan konsentrasi
4. Menjadi lupa waktu
5. Kehilangan empati dan belas kasihan, untuk permainan games yang penuh kekerasan.
6. Membuat anak jadi malas
Solusi agar anak tidak mendapatkan efek negatif dari media.
Beberapa hal yang perlu diperhatikan dan langkah yang dapat diambil untuk mengatasi kecanduan anak terhadap dunia maya dan media audio-visual:
1) Komunikasi yang efektif adalah dengan media audio-visual.
2) Bangunlah kehidupan spiritual dalam keluarga Anda.
3) Komunikasi Keluarga sangat berperan dalam menanamkan nilai pada anak, orang tua menjadi role model.
4) Menanamkan nilai kebenaran dalam diri anak itu sangat penting, dengan itumereka akan bisa mengambil sikap untuk menolak segala yang tidak baik dan sampai tua nanti pun ia tidak akan menyimpang dari jalan kebenaran.
5) Tidak ada jalan singkat (shortcut) untuk membebaskan anak yang sudah terlanjur kecanduan media (games, internet, dan sebagainya), perlu usaha dan doa.
6) Jika komunikasi dalam keluarga tidak dibangun, maka peranan itu akan diambil alih oleh Media.
7) Kita tidak bisa melawan dan membendung teknologi dunia maya dan media audio-visual.
8) Lakukan apa yang tidak bisa media lakukan bagi anak Anda.
9) Jangan terlalu terfokus pada sisi buruk anak Anda, kembangkan nilai positif anak; bakat dan kemampuannya.
10) Visualisasi yang paling baik adalah kehidupan orangtua yang harmonis yang menjadi teladan bagi anak.
11) .Ajak anak anda melaukan kegiatan outdoor yang tidak berhubungan dengan benda audiovisual.
KESIMPULAN
Dari hari kehari perkembangan multimedia semakin maju, hal ini disebabkan semakin beraneka ragamnya kebutuhan akan multimedia di bidang hiburan . Semakin banyaknya software yang bermuculan untuk membuat aplikasi berbasis multimedia. Untuk orang tua sebaiknya jangan biarkan anak anda bermain game atau menonton tv dalam waktu yang lama agar tidak terjadi hal yang tak di inginkan.
sumber : http://febyluby.blogspot.co.id/2014/09/makalah-manfaat-multimedia-bidang.html
Bidang entertainment misalnya untuk pembuatan animasi, periklanan, settting, bahkan untuk bermain musik. Di bidang Permainan komputer bisa digunakan untuk permainan (games) tiga dimensi (3D) dilengkapi dengan audiovisual yang menarik dan memberikan special efect. Bahkan kita dapat bermain dengan teman dalam satu komputer. Atau kita bermain dengan lawan dari komputer itu sendiri, misalnya bermain catur dan kartu.
Pemanfaat Komputer pada Game Salah satu contoh pemanfaatan komputer dibidang hiburan “Game” adalah game DEFENSE OF THE ANCIENTS ( DOTA ).
Permainan ini dikembangkan dengan menggunakan World Editor dari permainan Warcraft III, Reign of chaos dan diubah dengan dirilisnya The Frozen Throne. Pemanfaatan komputer/TIK pada dunia
hiburan media internet .
Banyak sekali manfaat yang dapat kita ambil di era globalisasi ini dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang begitu pesat, selama kita menggunakan dan memafaatkan perkembangan ini dengan hal-hal yang positif. Akan lain ceritanya, apabila kita menggunakan perkembangan ini dengan sisi negatif.
Multimedia banyak digunakan dalam industri hiburan, khususnya untuk memberikan efek khusus suara dan gambar dalam film dan animasi. Multimedia juga dimanfaatkan pada aplikasi dan game. Pengguna diberikan fasilitas untuk mengkontrol gerak animasi dalam game. Di kehidupan sehari-hari multimedia dimanfaatkan dengan penggunaan DVD player dan MP3/MP4 player yang dapat menyuguhkan hiburan film, musik dan karaoke. Selaim itu berita-berita yang dimuat di televisi dan internet bukan hanya berupa teks namun berisi gambar, video atau bahkan animasi dari sebuah simulasi kejadian.
Selain itu, multimedia ini berisi banyak digunakan dalam industri hiburan, khususnya untuk mengembangkan efek khusus dalam film dan animasi. Permainan populer dalam multimedia sebagaimana permainan dan program perangkat lunak yang telah tersedia baik terdistribusi dalam CD-ROM atau online. Beberapa video games mengajak pengguna untuk berpartisipasi aktif, bukan hanya duduk sebagai penerima pasif informasi.
Dampak Multimedia dalam bidang hiburan
A. Dampak Positif
1. Multimedia membuat edukasi menjadi lebih menarik(edutainment)
2. Multimedia sebagai pendukung kegiatan entertainment seperti: animasi dan laser show yang terintegrasi pada konser musik
3. Pendukung pembuatan Film dengan efek ksusus suara, animasi dan lain lain.
4. Mengisi waktu Luang
5. Menarik minat kalangan anak, remaja, maupun dewasa
B. Dampak Negatif
1. Multimedia dalam bentuk gambar atau video banyak gambar atau film yang mengandung pornografi dan kekerasan yang bisa mengakibatkan dorongan kepada seseorang untuk bertindak kriminal.
2. Kecanduan (bagi pengguna games)
3. Penurunan prestasi belajar, kehilangan konsentrasi
4. Menjadi lupa waktu
5. Kehilangan empati dan belas kasihan, untuk permainan games yang penuh kekerasan.
6. Membuat anak jadi malas
Solusi agar anak tidak mendapatkan efek negatif dari media.
Beberapa hal yang perlu diperhatikan dan langkah yang dapat diambil untuk mengatasi kecanduan anak terhadap dunia maya dan media audio-visual:
1) Komunikasi yang efektif adalah dengan media audio-visual.
2) Bangunlah kehidupan spiritual dalam keluarga Anda.
3) Komunikasi Keluarga sangat berperan dalam menanamkan nilai pada anak, orang tua menjadi role model.
4) Menanamkan nilai kebenaran dalam diri anak itu sangat penting, dengan itumereka akan bisa mengambil sikap untuk menolak segala yang tidak baik dan sampai tua nanti pun ia tidak akan menyimpang dari jalan kebenaran.
5) Tidak ada jalan singkat (shortcut) untuk membebaskan anak yang sudah terlanjur kecanduan media (games, internet, dan sebagainya), perlu usaha dan doa.
6) Jika komunikasi dalam keluarga tidak dibangun, maka peranan itu akan diambil alih oleh Media.
7) Kita tidak bisa melawan dan membendung teknologi dunia maya dan media audio-visual.
8) Lakukan apa yang tidak bisa media lakukan bagi anak Anda.
9) Jangan terlalu terfokus pada sisi buruk anak Anda, kembangkan nilai positif anak; bakat dan kemampuannya.
10) Visualisasi yang paling baik adalah kehidupan orangtua yang harmonis yang menjadi teladan bagi anak.
11) .Ajak anak anda melaukan kegiatan outdoor yang tidak berhubungan dengan benda audiovisual.
KESIMPULAN
Dari hari kehari perkembangan multimedia semakin maju, hal ini disebabkan semakin beraneka ragamnya kebutuhan akan multimedia di bidang hiburan . Semakin banyaknya software yang bermuculan untuk membuat aplikasi berbasis multimedia. Untuk orang tua sebaiknya jangan biarkan anak anda bermain game atau menonton tv dalam waktu yang lama agar tidak terjadi hal yang tak di inginkan.
sumber : http://febyluby.blogspot.co.id/2014/09/makalah-manfaat-multimedia-bidang.html
0 Comments