Masalah Pada Generasi Muda dan Cara Mengatasinya

sumber : google




      Generasi muda sekarang ini menjadi bahan pembicaraan oleh semua kalangan masyarakat, karena generasi muda adalah generasi penerus bangsa yang nantinya sebagai pemegang nasib bangsa ini, maka generasi mudalah yang menentukan semua apa yang dicita-citakan bangsa dan Negara ini.
      
      Di artikel ini, kita akan membahas seputar generasi muda. Apa yang dimaksud dengan masa remaja? Mengapa peran generasi muda sekarang mulai menurun? Apa saja ancaman-ancaman ancaman terhadap kepribadian generasi muda ? Bagaimana cara mengatasinya?
     Tujuan dari artikel ini ialah, agar orang tua dan lingkungan di masyarakat lebih peka terhadap kaum remaja, karena kaum remaja masih terdapat dilema di jiwa mereka.

Apa yang Dimaksud Dengan Masa Remaja?
        
      Menurut seorang tokoh psikologi remaja yakni James E.Gardner, masa remaja adalah masa yang penting, mereka merupakan suatu masa perubahan yang begitu mendadak dari masa kanak-kanak ke masa dewasa, mereka harus dianggap sebagai tahun-tahun kritis.Pendapat ini kalau kita sesuaikan dengan ciri-ciri yang dimiliki generasi muda atau remaja pada bahasan di atas memang benar, karena perkembangan dari segala sesuatu akan menimbulkan ciri-ciri tertentu, begitu juga dengan generasi muda.


Mengapa Peran Generasi Muda Sekarang Mulai Menurun?
Namun dalam perkembangannya, peran generasi muda sekarang ini mulai menurun, hal ini tidak lepas dari permasalahan dan hambatan-hambatan yang dihadapi oleh generasi muda, hambatan-hambatan tersebut antara lain :
  1. Kesadaran diri dari generasi muda yang masih kurang dalam proses pembangunan.
  2. Sifat generasi muda yang masih mudah terpengaruh oleh hal-hal yang bersifat sepihak dan cenderung negatif
  3. Sifat dari generasi muda yang kadang masih menggantungkan, baik kepada orang tua, pimpinan, ataupun orang lain.
  4. Kekurangsiapan generasi muda dalam menghadapi era globalisasi dewasa ini.
  5. Kurang adanya kerjasama yang saling bermanfaat demi tercapainya suatu tujuan.
  6. Kurang perhitungan dalam mengambil tindakan, karena terpengaruh oleh egonya.
  7. Kurang adanya dukungan dari pihak-pihak lain demi tercapainya tujuan.

Apa Saja Ancaman-ancama Terhadap Kepribadian Generasi Muda ?
       
     Selain hambatan yang dialami oleh generasi muda juga terdapat ancaman terhadap kepribadian generasi muda itu sendiri, ancaman bisa datang dari dalam maupun dari luar generasi muda itu sendiri, bahkan terkadang tidak disadari keberadaannya.

Adapun jenis ancaman tersebut adalah :
  1. Kemungkinan masuknya idiologi asing yang bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945 yang akan menimbulkan pandangan yang berbeda terhadap keberadaan Pancasila dan UUD 1945.
  2. Pengaruh pola pemikiran liberalisme dan kapitalisme yang di dasari oleh kehidupan individualisme yang akan merusak semboyan hidup bekerjasama dan bergotong-royong serta jiwa kekeluargaan yang menjadi ciri khas dari bangsa Indonesia.
  3. Menurunnya semangat patriotisme terhadap bangsa dan Negara sehingga     menjadikan sikap apatis terhadap pembangunan nasional.

Bagaimana Cara Mengatasinya?
       Disarankan agar adanya pengawasan terhadap majunya teknologi,karena teknologi yang semakin maju menimbulkan resiko penyalahgunaan, sebab selain informasi, banyak juga hal-hal negatif dari adanya kemajuan teknologi. Menanamkan mental generasi muda,karena banyak pemuda yang justru tidak mencintai tanah airnya sendiri pemberlakuan  sanksi, sekecil apapun pelanggaran hukum,harus ada sanksi agar tidak ditiru oleh generasi muda mendidik kejujuran mulai dini,karena generasi muda adalah calon pemimpin negeri,dan diharapkan tidak akan terjadi korupsi dimasa mendatang

sumber : Google



Jadi generasi muda itu adalah sebagai generasi peralihan. Dan dalam pandangan orang tua belum dewasa generasi muda merupakan generasi penerus bangsa yang harus dipersiapkan dalam mencapai cita-cita bangsa, bila generasi muda telah dipercaya dan mempunyai rasa tanggung jawab yang tinggi dalam memperjuangkan amanah itu maka suatu bangsa tidak akan sia-sia dalam mendidik generasi tersebut, maka dari itu nilai yang dibangun dalam membentuk generasi muda ini adalah untuk menyiapkan penerus bangsa untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan, baik yang gugur membela bangsa dan  yang gugur dalam membangun bansa ini, namun apabila yang menjadi cita-cita bangsa ini gagal, maka akan hancurlah harapan dari bangsa yang tercinta ini.

Memang tidak semudah yang kita bayangkan dalam membangun generasi muda sebagai penerus bangsa ini, namun kita harus optimis bahwa yang kita persiapkan nantinya akan dapat mencapai hasil yang maksimal, masa muda yang penuh kesenangan dan diwarnai senda gurau, akan tetapi hal itu tidak dapat dibiarkan begitu saja karena bila tidak ada kendali yang jelas maka dampaknya mungkin kurang baik, untuk itu alangkah baiknya pada masa tersebut dimasukkkan nilai-nilai yang dapat membantu serta mendorong generasi agar bisa memberikan yang terbaik baik kepada keluarga, sekolah maupun lingkungan masyarakat.

Sesuai dengan obyek penelitian, maka penulis mengambil daripada upaya guru agama dalam membina mental generasi muda, karena generasi muda yang identik dengan persoalan-persoalan yang kadang mereka sendiri tidak mampu memecahkan dalam kehidupan sehari-hari, hal tersebut dapat kita saksikan prilaku mereka yang selalu menjadi bahan pembicaraan, baik di media cetak maupun media elektronik.



Post a Comment

2 Comments